Wajib Punya! Ini 9 Manfaat Memiliki Website bagi Perusahaan B2B

perusahaan b2b

Matthew Creswick dari Huble Digital menjelaskan mengapa memiliki situs web sangat penting bagi perusahaan B2B serta sangat bermanfaat.

Salah satu dasar berbisnis di tahun 2018 adalah situs web Anda memenuhi prospek Anda sebelum Anda melakukannya. Hal ini berarti calon pelanggan Anda akan berinteraksi dengan situs web Anda jauh sebelum mereka berbicara dengan anggota tim Anda.

Alasan mengapa memiliki situs web penting bagi perusahaan B2B:

Sekarang kita semua hidup di era digital. Terdapat semakin banyak prospek bersumber dari platform online dan mencari solusi yang disediakan oleh bisnis Anda. Jika tidak memiliki situs web – bagaimana mereka akan menemukan bisnis Anda? Memiliki situs web tidak hanya tentang ditemukan secara online pula. Terdapat juga 9 manfaat dari perusahaan B2B memiliki website di bawah ini:

1. Visibilitas

Ditemukan secara online itu sangat penting. Ini akan membantu prospek potensial untuk menemukan Anda dan mempertimbangkan bisnis Anda sebagai solusi untuk tantangan bisnis mereka. Memiliki ulasan, testimonial, dan konten online di situs lain juga akan semakin meningkatkan visibilitas situs web Anda di search engine dan meningkatkan kredibilitas Anda.

2. Pembuatan Konten

Dengan situs web, Anda dapat dengan menyediakan konten Anda lebih mudah dan membuat laman baru untuk konten saat Anda membutuhkannya. Selain itu, setiap bagian konten yang Anda buat akan memiliki URL sendiri dan menargetkan kata kunci tertentu. Hal ini memberi Anda lebih banyak peluang untuk ditemukan secara online oleh pihak yang berkepentingan. Pada akhirnya, semakin banyak konten berkualitas yang Anda miliki di situs web Anda, semakin banyak lalu lintas organik yang akan Anda terima!

3. Iklan dengan Biaya Rendah

Seiring waktu, situs web Anda akan membayar sendiri dan kemudian beberapa. Ini adalah bentuk iklan berbiaya rendah yang bagus. Meskipun perlu waktu untuk membangun aliran lalu lintas organik yang stabil ke situs web Anda, hampir tidak ada biaya untuk melakukannya. Internet memiliki exposure yang jauh lebih besar daripada saluran lain mana pun dan akan memungkinkan Anda menjangkau prospek di mana pun, kapan pun.

4. Penjualan Sepanjang Waktu

Memiliki situs web akan menempatkan bisnis Anda pada posisi di mana ia dapat terlibat dan menjual kepada prospek sepanjang waktu. Selain itu, situs web dapat meningkatkan exposure bisnis Anda dan membantunya menghasilkan pelanggan baru.

5. Aksesibilitas dan Engagement

Situs web online Anda dan dapat diakses kapan pun. Prospek dapat mengunjungi situs web Anda di luar jam kerja untuk mendapatkan dukungan atau informasi tentang produk dan layanan Anda sebagai cara "menghubungi" Anda tanpa harus kontak secara langsung.

6. Otoritas dan Kredibilitas

Saat Anda membuat dan mempublikasikan konten yang dioptimalkan search engine di situs web Anda secara rutin, nilai 'domain authority' (kemampuan untuk berperingkat tinggi di halaman hasil mesin pencari) akan semakin tinggi. Hal ini berarti bahwa ketika seseorang melakukan penelusuran untuk produk atau layanan yang Anda berikan, situs web Anda memiliki potensi ditampilkan pada halaman lebih atas di search engine.

Menurut penelitian oleh Verisign, 56% dari mereka yang diwawancarai menyatakan bahwa mereka tidak akan mempercayai bisnis yang tidak memiliki situs web. Jadi, jelas bahwa tanpa situs web, Anda berpotensi kehilangan lebih dari setengah prospek Anda.

7. Positioning

Dengan memiliki situs web Anda dapat mengontrol beberapa narasi. Anda dapat mendikte media dan calon prospek tentang apa yang Anda lakukan dan bagaimana Anda dapat membantu. Tentu saja, Anda tidak akan pernah bisa mengendalikan semua narasi (kemungkinan media akan mengubah kata-kata atau cerita yang menarik) tetapi memiliki situs web membuat Anda beberapa langkah di depan.

8. Skalabilitas

Untuk mengakses pasar skala dan mulai beroperasi secara global, Anda harus memiliki situs web. Jika terdapat peluang berasal dari luar negeri, tentu saja Anda harus menyiapkan cara agar mereka dapat menghubungi Anda.

Sebuah situs web menyediakan satu lokasi untuk konten Anda. Namun, ada yang lebih penting, yaitu  orang untuk terlibat dengan bisnis Anda pada tingkat selain 'hubungi kami'. Tidak perlu mengangkat telepon!

Saat kegiatan Anda mulai meningkat karena aktif secara online, Anda dapat membuat lebih banyak situs web seiring waktu dan melayani masing-masing wilayah. Ini memudahkan calon pelanggan di belahan dunia tertentu untuk berbisnis dengan Anda.

9. Update yang Mudah

Dengan memiliki situs web, Anda dapat dengan cepat dan mudah menambahkan halaman baru untuk produk dan/atau layanan Anda saat bepergian. Halaman-halaman website dapat diedit sesuai kebutuhan, artinya calon pelanggan dan calon pelanggan Anda tidak perlu menelepon Anda (yang kemungkinan besar tidak ingin mereka lakukan) atau menelusuri internet untuk menemukan apa yang mereka cari!

Jika Anda tidak memiliki situs web, saatnya untuk mendapatkannya!

Terima kasih karena telah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami yang berjudul “Menuju Dunia Virtual: Apa itu Metaverse”. Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, Anda bisa meninggalkan komentar ataupun membagikan artikel ini kepada rekan Anda.

Metrocom Jaddi Technology sebagai perusahaan konsultan IT yang menyediakan solusi enterprise yang dapat membantu dan memberi solusi dalam menghadapi masalah bisnis/perusahaan Anda. Jika ingin menghubungi kami atau sekadar berkonsultasi mengenai solusi untuk bisnis Anda yang lainnya, cukup klik di sini. (aro/aro)


Menuju Dunia Virtual: Apa itu Metaverse?