5 Keunggulan Teknologi Chatbot untuk Meningkatkan Bisnis

Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini memberi banyak kemudahan untuk penggunanya, tidak terkecuali pemilik bisnis atau perusahaan. Salah satu contohnya adalah chatbot. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu chatbot, chatbot adalah percakapan otomatis yang membantu pelayanan.

Jika Anda pernah pergi ke suatu web, perangkat, atau social media, biasanya Anda akan bertemu dan berinteraksi langsung dengan chatbot. Chatbot biasanya akan menanyakan apa tujuan atau hal yang Anda ingin cari. Bot yang lebih canggih akan didukung oleh AI, tetapi banyak versi lama yang rule-based. Secara umum, chatbot dibuat dengan basis framework AI yang cakap dan user-friendly.

Dalam artikel ini, Anda akan mencari tahu 5 keunggulan teknologi chatbot untuk meningkatkan bisnis. Nantinya, Anda bisa putuskan sendiri apakah bot adalah investasi yang berharga untuk bisnis atau perusahaan Anda!

1. Kemudahan operasional dan hemat biaya bisnis

Teknologi chatbot memungkinkan pemilik bisnis atau perusahaan untuk melakukan otomatisasi berbagai kebutuhan, seperti tanpa harus merekrut puluhan, ratusan, bahkan ribuan customer service untuk melayanani konsumen dan pastinya memakan biaya yang tidak sedikit. Apalagi hanya untuk menjawab pertanyaan dasar yang sering ditanyakan.

2. Meningkatkan kepuasan konsumen

Dengan adanya chatbot yang bisa memberi layanan yang cepat dan tepat, tentunya akan disukai konsumen dan membuat mereka puas. Jika dibandingkan tanpa chatbot, terkadang terdapat beberapa masalah misalnya kurang responsif, tidak ramah, atau tidak bisa memenuhi kebutuhan lainnya. Dimana pada akhirnya membuat konsumen tidak puas.

3. Melayani bisnis selama 24/7

Manusia pastinya memiliki keterbatasan fisik yang membuatnya tidak bisa bekerja selama 24 jam setiap hari. Namun, chatbot bisa memberi pelayanan 24/7. Teknologi chatbot ini membuat bisnis atau perusahaan Anda tidak perlu memberi uang lembur ataupun merekrut karyawan tambahan.

4. Membantu pertumbuhan bisnis

Keuntungan dan pertumbuhan bisnis bisa terdukung karena adanya chatbot karena dapat mengembangkan bisnis atau perusahaan secara eksponensial. Teknologi chatbot mampu memberikan pengalaman konsumen yang komprehensif, serta informasi yang akurat.

5. Meminimalisir risiko bisnis

Chatbot yang mengandalkan teknologi memiliki energi tanpa batas. Sehingga, perusahaan bisa menghindari risiko menurunnya performa apalagi human error yang disebabkan oleh kondisi tertentu dari para pekerjanya.

Karena bekerja secara otomatis, chatbot bisa meminimalisir bahkan menghindari risiko yang dialami bisnis atau perusahaan Anda. Contohnya risiko seperti human error ataupun performa menurun yang disebabkan kondisi tertentu

--

Setelah mengetahui apa saja 5 keunggulan chatbot untuk meningkatkan bisnis, apakah Anda mulai mempertimbangkan penggunaannya? Jika Anda ingin mengetahui dan mencoba implementasi chatbot untuk bisnis Anda, silahkan hubungi kami! (awg/awg)

Bagaimana Netflix Menggunakan Big Data untuk Mencari Tahu Film Favorit Anda