5 Ide Bisnis dengan Modal Kecil di Tahun 2022

Tahun 2022 menjadi sebuah harapan besar oleh semua orang untuk memulai sesuatu yang baru, bisnis menjadi salah satunya. Memulai suatu bisnis tentunya menggiurkan namun di sisi lain memiliki resiko. Bukan hanya resiko tetapi dalam tahap awal pembuatan bisnis juga membutuhkan waktu dan modal.

Keterbatasan modal menjadi alasan umum bagi banyak orang yang ingin membuat bisnis baru. Oleh karena itu, di tahun 2022 ini kesempatan semakin terbuka lebar dengan semakin majunya teknologi dan maraknya dilakukan bisnis secara online. Bisnis yang mayoritas di lakukan secara online terbukti bisa menghemat modal yang dikeluarkan. Namun hal ini tidak membuat bisnis yang dilakukan secara offline berarti mustahil jika hanya menggunakan modal yang sedikit.

Lalu apa saja ide bisnis yang bisa dibuat dengan modal yang kecil, secara online maupun offline di tahun 2022? Cari tahu lewat daftar ide bisnis di bawah:

1. Dropship

Mengelola inventaris saat berusaha menjual barang tentunya terasa sangat sulit dan memakan biaya yang besar. Mulai dari membeli stok, menyimpan di gudang, mengambil dan membungkus, lalu mengirimnya lewat ekspedisi. Kegiatan tersebut terasa sangat berat jika masih pada tahap awal dan skala kecil. Oleh karena itu, jika Anda berniat menjual barang tanpa melalui proses tersebut bisa mencoba bisnis dropship.

Dropship bisa dilakukan dengan biaya yang sangat kecil hanya bermodalkan internet bahkan gratis. Anda tidak perlu mengurus produk sampai pengiriman sama sekali yang diperlukan hanya mencari pelanggan dan membuatnya checkout produk terkait. Anda bisa mencari supplier yang memiliki produk dengan kualitas terbaik dan sistem yang rapi agar bisa memudahkan bisnis ini berjalan. Selain itu Anda perlu untuk menarik pelanggan dengan meningkatkan visual, menurunkan harga, ataupun menggunakan strategi pemasaran yang lain karena produk dropship biasanya dipasarkan dengan jumlah banyak dengan jenis yang sama.

2. Bangun audiens yang dapat dimonetisasi

Maraknya media sosial yang membuat seluruh dunia terhubung, membuka peluang besar untuk Anda menjadi pusat perhatian orang banyak dengan berbagai cara. Anda bisa memulai membuat konten lewat YouTube, Instagram, blog, dan masih banyak platform yang lain. Buat pengikut Anda selalu berinteraksi dan mengikuti seluruh akun media sosial.
Jika sudah banyak pengikut yang dekat dengan Anda serta mulai meniru dan terobsesi untuk melakukan hal yang Anda lakukan, selamat Anda sudah bisa memulai memonetisasikan audiensmu. Anda memiliki banyak cara untuk memonetisasi audiens:

  • Postingan bersponsor dengan merek
  • Menjadi seorang influencer
  • Menjual produk fisik atau digital
  • Dan masih banyak lagi

3. Affiliate marketing

Affiliate marketing definisi mudahnya adalah membayar orang lain untuk mempromosikan dan menjual barang tertentu. Setiap kali seorang afiliasi (pelaku affiliate marketing) mendatangkan pelanggan, mereka menerima komisi dari bisnis tersebut. Affiliate marketing dapat dilakukan di seluruh platform di internet yang ada seperti blog, media sosial, website, bahkan di forum. Pendapat affiliasi biasanya akan dimulai dengan angka yang cukup kecil namun akan semakin berkembang jika sudah memiliki audiens dan pembeli dalam jumlah besar seiring waktu berjalan
Untuk bisa bergabung dengan melakukan affiliate marketing, Anda bisa lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Temukan program afiliasi di beragam marketplace, media sosial, komunitas, maupun website yang menyediakan layanan affiliate.
  2. Pilih penawaran yang ingin Anda promosikan.
  3. Dapatkan tautan afiliasi.
  4. Promosikan tautan itu di seluruh platform Anda.
  5. Dapatkan komisi setiap kali seseorang mendaftar atau melakukan pembelian melalui tautan Anda.

Tarif komisi afiliasi bervariasi tergantung pada perusahaan dan penawaran. Anda bisa mendapatkan sebesar 5% bisa lebih atau kurang untuk setiap penjualan, sementara beberapa komisi bisa setinggi 50% jika Anda mempromosikan suatu kelas atau acara khusus.

4. Jual jasa

Waktu menjadi modal yang wajib dikeluarkan untuk menjual jasa dan mendapatkan pemasukan. Dengan waktu yang terbatas, Anda dapat menjual keterampilan yang saat ini banyak dibutuhkan oleh orang-orang. Anda bisa menjadi penulis, desainer, asisten, programmer, dan masih banyak lagi segudang keterampilan yang bisa Anda pelajari dan jadikan sebagai sumber pendapatan.
Menjual jasa adalah salah satu peluang ide bisnis yang terbaik karena ke depannya dapat ditingkatkan dengan ide lain seperti membuat produk ataupun barang fisik dan digital lainnya. Seorang fotografer, misalnya, dapat melayani acara di sekitar sambil menjual hasil foto mereka secara online melalui akun Instagram.

5. Virtual event planner

Adanya pandemi pada akhir tahun 2019 memaksa merubah kebanyakan gaya hidup kita semua, dari mulai belajar, bekerja, memenuhi kebutuhan hidup, berjualan, bahkan mencari hiburan. Banyak dari kegiatan yang biasanya dilakukan secara langsung secara kontak fisik dengan orang lain menjadi serba virtual.

Kegiatan yang serba virtual membuka peluang adanya bisnis virtual event planner. Jika Anda senang mengatur dan menghubungkan orang, ini akan cocok. Tumbuh sebesar 23% per tahun, peningkatan signifikan dalam acara bisnis dan adopsi alat virtual untuk melakukan rapat akan menjaga pertumbuhan pasar virtual ini tetap tinggi. Sebagai virtual event planner, Anda akan bertanggung jawab untuk membuat konferensi virtual, mengurus kegiatan virtual, dan sampai mengundang banyak pembicara untuk perusahaan di seluruh dunia.

--

Tahun 2022 membuka peluang besar bagi Anda untuk berbisnis dengan beragam ide bisnis dengan modal kecil. Diawali dengan adanya pandemi di tahun 2019 yang memaksa kita semua untuk berhubungan secara virtual membuat semakin kesempatan untuk membuka bisnis dengan dukungan teknologi saat ini. (awg/awg)

Teknologi Blockchain, Teknologi Masa Depan untuk Industri Keuangan?